Jenis Peralatan Kantor Berdasarkan Bentuk
1.
Peralatan
kantor berbentuk lembaran
a.
kertas
hvs
Kegunaan: : untuk mencatat semua kegiatan yang berkaitan dengan
proses administrasi.
b.
Map
Map Arsip Atau Map Folder
Peralatan kearsipan Map Folder
Map dapat digunakan untuk menyimpan surat-surat atau
dokumen-dokumen lain yang tidak terlalu banyak. Dapat berkisar dari satu hingga
lima puluh lemari. Jika menyimpan terlalu banyak berkas di dalamnya akan sulit
untuk ditutup. Karena memang fungsinya untuk menyimpan sedikit berkas. Map
arsip ini bisa terbuat dari kertas dan plastik.
c.
Formulir
Secara umum, formulir adalah lembaran kartu aatau kertas dengan
ukuran tertentu yang didalmnya terdapat data atau informasi yang bersifat
tetap, dan ada beberapa bagian lain yang akan diisi dengan informasi yang tidak
tetap.
d.
Stopmap
folio
Stopmap Folio
Jarang orang mengetahui namanya, Stopmap adalah alat kearsipan seperti map folder berbahan dasar kertas. Stopmap memiliki fungsi menyimpan dokumen yang sifatnya sementara seperti contoh invoice, penawaran, surat penjanjian dan lainnya. Alat arsip ini memiliki ukuran standard yaitu Folio F4 (21,6 cm x 33 cm).
Jenis kertas yang digunakan untuk membuat Stopmap adalah
jenis kertas karton, Akan tetapi banyak sekali perusahaan yang mencetak
secara custom dengan jenis kertas lainnya seperti Concorde,
Manila, BW (Black White), kertas Ivory, kertas Buffalo dan lainnya. Untuk membuat
Stopmap secara custom banyak sekali pilihan
teknik cetak yang tersedia mulai cari teknik cetak offset,
sablon, atau digital offset.
e.
amplop.
Kegunaan:untuk menyimpan/mengirim suatu hal dalam pekerjaan
misalnya mengirim surat dapat menggunakan amplop dan hal yang lainnya.
2. Peralatan kantor berbentuk non
lembaran
1. Meja
Kantor
Istilah kantor dari bahasa
belanda yaitu kantoor. Peralatan kantor memiliki beberapa pengertian
diantaranya :
• Ruang kerja, ruang tulis
• Markas dimana seseorang pengusaha beserta stafnya
menjalakan usahanya
• Instansi, perusahaan dan badan usaha.
2. Lemari
Berkas (Arsip)
Lemari arsip bahan dari plat besi tersedia berbagaimacam merk
ternama dan kualitas pabrikan daiko, lion, alba, elite, brother, vip, dll .
Kegunaan lemari arsip agar dokumen anda dikantor tetap terjaga dan rapih
tersusun dengan aman.
3. Telepon dan
Fax
Mesin fax bisa digunakan jika kita tidak sempat mengirim surat menggunakan
email. Dengan mesin fax proses pengirim akan lebih cepat, apalagi jika surat
yang dikirim membutuhkan tanda tangan, mesin fax adalah solusi yang cukup jitu
untuk menjadi pilihan. Terlebih jika tidak punya scanner, pilihan mesin fax
adalah yang terakhir
4. Brankas
Brankas sebagai tempat penyimpanan file tidaklah harus
berkualitas seperti brankas tempat penyimpanan, uang dan loga mulia yang
dibutuhkan brankas dengan sistem keamanan yang berlapis-lapis agar tidak mudah
dibobol maling, Brankas tempat penyimpanan arsip-arsip seperti di rumah sakit,
kantor-kantor pemda yang hanya tujuannya hanya untuk merapikan arsip yang
ada, hanya dibutuhkan brankas yang terbuat dari bahan anti api, mengapa?..
karena berkas-berkas yang ada di dalam Brankas tersebut merupakan dokumen yang
kegunaannya sepenjang masa. Brankas untuk tempat penyimpanan arsip data tidak
perlu menggunakan sistem keamanan yang berlapis, karena kecil kemungkinan untuk
dicuri maling. Tidak seperti uang dan logam mulia yang memang selalu menjadi
incaran para pencuri.
5. Perforator
Alat yang digunakan untuk melubangi suatu kertas atau
dokumen, biasanya alat ini digunakan untuk melubangi suatu dokumen sebelum
dokumen tersebut diarsipkan atau disimpan.
Peralatan Kantor Tidak Habis Pakai & Habis Pakai
PERALATAN KANTOR TIDAK HABIS
PAKAI
1. Meja
Kantor
Istilah kantor dari bahasa
belanda yaitu kantoor. Peralatan kantor memiliki beberapa pengertian
diantaranya :
• Ruang kerja, ruang tulis
• Markas dimana seseorang pengusaha beserta stafnya
menjalakan usahanya
• Instansi, perusahaan dan badan usaha.
2. Lemari
Berkas (Arsip)
Lemari arsip bahan dari plat besi tersedia berbagaimacam merk
ternama dan kualitas pabrikan daiko, lion, alba, elite, brother, vip, dll .
Kegunaan lemari arsip agar dokumen anda dikantor tetap terjaga dan rapih
tersusun dengan aman.
3. Telepon dan
Fax
mesin fax bisa digunakan jika kita tidak sempat mengirim surat menggunakan
email. Dengan mesin fax proses pengirim akan lebih cepat, apalagi jika surat
yang dikirim membutuhkan tanda tangan, mesin fax adalah solusi yang cukup jitu
untuk menjadi pilihan. Terlebih jika tidak punya scanner, pilihan mesin fax
adalah yang terakhir
4. Brankas
Brankas sebagai tempat penyimpanan file tidaklah harus
berkualitas seperti brankas tempat penyimpanan, uang dan loga mulia yang
dibutuhkan brankas dengan sistem keamanan yang berlapis-lapis agar tidak mudah
dibobol maling, Brankas tempat penyimpanan arsip-arsip seperti di rumah sakit,
kantor-kantor pemda yang hanya tujuannya hanya untuk merapikan arsip yang
ada, hanya dibutuhkan brankas yang terbuat dari bahan anti api, mengapa?..
karena berkas-berkas yang ada di dalam Brankas tersebut merupakan dokumen yang
kegunaannya sepenjang masa. Brankas untuk tempat penyimpanan arsip data tidak
perlu menggunakan sistem keamanan yang berlapis, karena kecil kemungkinan untuk
dicuri maling. Tidak seperti uang dan logam mulia yang memang selalu menjadi
incaran para pencuri.
5. Perforator
Alat yang
digunakan untuk melubangi suatu kertas atau dokumen, biasanya alat ini
digunakan untuk melubangi suatu dokumen sebelum dokumen tersebut diarsipkan
atau disimpan.
Perlengkapan Kantor Habis Pakai
1.
Kertas
Kegunaan: : untuk mencatat semua kegiatan yang berkaitan dengan
proses administrasi.
2. Amplop
Kegunaan:untuk menyimpan/mengirim suatu hal dalam pekerjaan
misalnya mengirim surat dapat menggunakan amplop dan hal yang lainnya.
3. Pulpen
Kegunaan:: alat untuk membantu proses kegiatan tulis menulis.
4. Pencil
Kegunaan: pensil juga alat untuk membantu proses kegiatan tulis menulis.
5. Spidol
Kegunaan:spidol juga alat untuk membantu proses kegiatan tulis menulis yang bergambar.
Perlengkapan kantor berdasarkan jenisnya
a. Mesin – mesin Kantor
1. Perangkat Komputer
Perangkat komputer terdiri dari mesin CPU, layar komputer beserta perangkat input seperti keyboard, mouse dan juga perangkat output komputer.
Perangkat komputer berfungsi untuk membantu
pekerjaan-pekerjaan utama kantor seperti pembuatan laporan, input transaksi,
pencatatan, penjadwalan, editing video gambar dan sebagainya.
Pada umumnya, perangkat komputer kantor jaman sekarang
kebanyakan menggunakan LCD tipis sebagai layar output berbeda dengan
kantor-kantor jaman dulu yang menggunakan komputer tabung yang memakan space di
meja kantor.
2. Printer dan Scanner
Printer digunakan untuk mencetak dokumen dari softcopy
atau file menjadi file dalam bentuk hardcopy yang tercetak dalam kertas.
Sedangkan, scanner adalah alat yang digunakan untuk mengubah file dalam bentuk
hardcopy menjadi softcopy dalam bentuk file di komputer.
Pada beberapa jenis printer, Fungsi keduanya
digabungkan atau dijual dalam 1 alat (mesin printer & scanner). Namun,
umumnya kedua mesin tersebut dijual dalam bentuk terpisah printer.
3. Mesin Fotokopi
Mesin fotocopy digunakan untuk menduplikasi file yang
terdapat pada hard copy atau kertas. Pengadaan alat ini penting untuk menunjang
kecepatan kerja karyawan, terutama untuk penduplikasian file-file laporan yang
biasa diserahkan ke atasan atau bagian lain.
4. Alat Penghancur Kertas (Paper Shredde)
Mesin penghancur kertas atau Paper
Shredde adalah alat yang digunakan untuk menghancurkan kertas menjadi
potongan-potongan kecil. Tujuannya adalah untuk mengamankan dokumen-dokumen
penting perusahaan.
Bila kertas tidak dihancurkan dikhawatirkan kertas
akan tercecer hingga tersebar pada orang-orang tidak bertanggung jawab dan
dimanfaatkan secara negatif. Bila kertas tidak dihancurkan salah-salah
informasi perusahaan nanti malah bocor melalui kertas gorengan.
5. Mesin Absensi
Mesin absensei adalah mesin yang digunakan untuk
pencatatan kehadiran karyawan dan mengkalkulasikan laporannya secara otomatis.
Mesin absensi terdiri dari berbagai jenis mulai dari
mesin kertas ceklok, Mesin absensi Artificial Intelligence atau kecerdasan
buatan seperti mesin absensi berbasis sidik jari atau fingerprint, face
recognition (pengenalan wajah), retina mata, rfid dan sebagainya.
Perabot
kantor Dan Fungsinya
1. Meja Kantor
a. Meja Staf
Meja staf ini digunakan oleh staft meja
ada yang ksusus untuk sedniri ada juga yang terangkai beberapa meja.
Contoh meja staf untuk sendiri
3. Lemari Kantor
Paling tidak ada tiga lemari kantor yang
biasanya di gunakan, yaitu :
a. Lemari arsip
Biasanya lemari ini ukurannya besar dan
digunakan untuk menyimpan dokumen bisa jadi dokumen tersebut adalah dokumen
panduan, dokumen yang sedang di proses ataupun dokumen yang sudah selesai.
Contoh
4. Filing Cabinet
Filing Cabinet ini pungsinya untuk menyimpan map
yang masih dalap proses pengerjaan. Biasanya tersusun dari laci - laci yang
berukuran 25 x 35. Tujuannya supaya bisa masuk map - map dokumen pekerjaan.
5. Laci laci kartu
Biasanya banyak kartu nama yang diberikan oleh
orang - orang yang bekerjasama dengan perusahaan. Nah untuk menyimpannya
biasanya di gunakan laci - laci kecil untuk kartu.
Memang sudah tidak begitu populer namun masih
biasa digunakan.
Komentar
Posting Komentar